Tips dalam membangun sebuah brand bagi usaha kecil


Dari artikel saya sebelumnya mengenai “Pentingnya Brand Bagi Pengusaha Kecil. Studi Kasus: Muffine.” Anda dapat membaca mengapa Brand sangat penting untuk dibangun bagi pengusaha kecil dengan berbagai alasannya.

Mari kita bahas lagi tentang branding lebij jauh.

Branding adalah bagian dari business strategy. Dan brand bukanlah komunikasi.

Branding terdiri dari 4 faktor:

  • Kepribadian (Personality) : Apakah itu Fun, Serious, Smart, dll
  • Posisi (Positioning): Dimana posisi brand Anda terhadap para kompetitor Anda, dan apakah arti brand Anda di pasar (market) dan target konsumen Anda
  • Janji (Promise): Adalah janji yang Anda (brand) berikan kepada konsumen Anda
  • Kongruensi (Congruency): Ini adalah keselarasan yang Anda jaga sesuai dengan kepribadian, Posisi, dan Janji Anda yang harus dilakukan secara konsisten

Jadi apa definisi dari branding: Sebuah janji yang terbungkus dalam sebuah pengalaman (experience) dalam melakukan usaha dengan dan terhadap Anda – secara total

Untuk melihat tips dalam membangun sebuah brand bagi usaha kecil, lihat video berikut

About Dimas Mardjono
I always treat myself as a student, and I always keep on learning through my ups and downs. This blog talks about brand, branding, social issues, what’s going on in the world, way of thinking, etc. With this blog, I hope I could provide benefit to readers, so share my article to your friends. Life isn’t about finding yourself, Life is about creating yourself.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: