7 Tahapan Proses Uang dan Perpindahan Kekayaan


Sebelumnya, walaupun sedikit telat, Selamat Tahun Baru 2012.

Secara historis siklus ini “7 Tahapan Proses Uang dan Perpindahan Kekayaan” berkali-kali telah terjadi. Dari jaman Romawi, runtuhnya German pada Perang Dunia I, dan AS telah 2 kali terjadi setelah Perang Dunia II (The Great Depression) & perang melawan Vietnam. AS kalah dari Vietnam. Tapi Rambo membikin kesan AS menang. Oooohh Film😀

Berikut adalah 7 tahapan siklus yang pernah terjadi. Dan sejarah telah menunjukan pengulangannya. Mengapa? Karena system ciptaan manusia tidak pernah sempurna sehingga pada saatnya hancur, perlu dibangun kembali dari awal.

 1. Uang Baik

Negara selalu bermula, di mana uang tersebut didukung oleh emas. Dan biasanya didukung oleh Emas.

2. Program Sosial

Sebagai bangsa yang mulai berkembang, ekonomi dan sosialnya juga akan berkembang. Negara tersebut mulai mengambil lebih banyak dan lebih dari beban ekonomi Negara itu sendiri. Menambahkan lapisan demi lapisan proyek pekerjaan umum dan program-program sosialnya.

3. Belanja Militer

Seiring dengan Program Sosial diatas, kemakmuran ekonomi bangsa terus bertumbuh. Pengaruh politiknya akan ikut berpengaruh. Di saat ini Negara tersebut mulai meningkatkan pengeluaran untuk mendanai militer secara besar-besaran.

4. Perang!

Dari pengeluaran untuk kebutuhan militer secara besar-besaran, bangsa tersebut akan benar-benar menggunakan militernya. Melakukan peperangan atau membantu Negara lain dalam peperangan. Dalam hal ini , kebutuhan pengeluaran akan membengkak dan terus berkembang lebih besar lagi. Ini akan berdampak pada proses nomer 5.

Contohnya AS, melakukan perang dimana-mana. Terutama di Timur Tengah dengan dalih melawan terorisme dan mengajak sekutunya untuk turut serta dalam peperangan melawan terorisme. AS melakukan propaganda ke seluruh dunia untuk meyakinkan Negara-negara lain di dunia ini bahwa semua memiliki musuh yang sama yaitu Teroris. Menurut saya, propaganda tersebut adalah akal-akalan group tertentu sehingga pedagang senjata langsung super kaya mendadak.

Maaf sedikit menyamping seperti paragraf di atas. Saya mau cerita sedikit tentang Iran. Iran dikenakan sanksi karena tidak mengikuti aturan IAEA (International Atomic Energy Agency). Iran dituding AS dan kroninya bahwa memiliki senjata pemusnah masa (WMD – Weapon of Mass Destruction). Sama halnya tudingan AS dan kroninya ketika Iraq memiliki WMD ternyata terbukti tidak ada saat Saddam Husein masih menjadi Presiden Iraq.  Iran sudah 3 dekade diembargo oleh dunia, sehingga Iran sangat mandiri. Lihat kekuatan Iran akan militernya. Coba saja lihat di internet, YouT*be, dll. Wuiihhh canggih…TOP.

Nah akhir-akhir ini, Iran akan dikenakan sanksi lagi (oleh AS dan kroninya) yaitu sanksi ekspor minyak. Saat ini Angkatan Laut Iran sedang latihan di Selat Hormuz (lihat map). Tujuannya akan menutup jalur minyak. Jika Iran dikenakan sanksi tersebut, maka harga minyak pastinya akan melejit gila-gilaan. Selat Hormuz memang rute lalu lalang kapal minyak untuk kawasan timur tengah.

AS pun akan menyerang Iran (gertak atau tidak, saya tidak tahu tapi di berita sedang panas-panasnya). Kalaupun benar AS akan menyerang Iran, maka Perang Dunia ke III akan dimulai.

5. Mata Uang FIAT

Untuk mendanai perang, negara mulai mencuri kekayaan rakyatnya dengan mengganti uang mereka dengan mata uang yang dapat dibuat/ dicetak dalam jumlah tidak terbatas. Ini disebut Mata Uang FIAT. Mata Uang FIAT tidak didukung oleh apapun. Pemerintah hanya membuat keputusan mengatakan bahwa uang yang telah dicetak bernilai sesuai nilai yang tertera. Contohnya secarik kertas tersebut, bertinta ditambah gambar-gambar orang jaman dulu yang sudah meninggal hehehehe, bernilai 100 ribu maka uang itu bernilai 100 ribu. Padahal kertas bertinta dengan gambar orang jaman dulu yang sudah meninggal tidak didukung oleh Emas.

Kejadian ini sudah terjadi, contohnya AS pada tahun 1971, ketika Presiden AS menyatakan bahwa mata uang AS tidak lagi di dukung oleh Emas ataupun Perak. Dan sampai saat ini Currency AS masih mempergunakan FIAT Currency.

Kalau Indonesia gimana? Coba cari bukti sendiri. Asumsi saya adalah FIAT, Karena mata uang kita terkena inflasi…semakin hari nilainya untuk membeli sesuatu terus melemah. Dan ini berlanjut ke proses berikutnya- nomer 6.

Memang sih…tidak cukup Emas untuk men-supply semua orang di seluruh dunia ini. Makin kesini kok uang kertas lebih banyak. Ya iyalah modal cetaknya lebih murah. Coba saja diperkirakan, untuk uang kertas lembaran 100ribu berapa modalnya cetaknya? Gak tau…tapi pastinya lebih murah dari pada uang logam. Hehehehe…

6. Inflasi

Nah karena Mata Uang FIAT terus menerus dicetak dan terus menyebar dimana-mana, sehingga terjadi over-supply mata uang. Negara juga mulai berhutang terus menerus, dan hutangnya terus meningkat (bisa lihat di artikel saya sebelumnya. Klik Disini). Akhirnya berdampak pada kenaikan harga-harga barang (semuanya: primer, sekunder, dan tersier).

Pernah terjadi di Zimbabwe, mereka pernah mencetak selembar uang kertas bernilai 100 trilliun (lihat gambar). Padahal hanya mampu membeli 3 butir telur. Hadeeeeuuuhhh…amit-amit. Gede amat tuh uang….hahahahaha. Dan di German jaman dulu (sebelum Hitler) pernah mencetak uang kertas dengan perlembarnya bernilai 10Million Mark. Wow!!!

Pada saat demikian rakyat hilang kepercayaannya pada mata uang negaranya sendiri. Oleh sebab itu Occupy Wall Street terus-terusan dilakukan.

7. Perpindahan Kekayaan

Yes…sesuai nama prosesnya. Di sini saatnya terjadi perpindahan kekayaan. Yang miskin tetap miskin. Menengah menjadi miskin. Yang Super-Kaya menjadi Ultra-Kaya. Biasanya Ultra Rich mengerti soal 7 Proses ini.

Nah saat ini posisi ini ada dimana. Yang pasti menurut saya ada di antara 6 & 7. . Nah… yang menengah mulailah berfikir akan kemanakah uang sebaiknya disimpan ataupun harus diinvestasikan kemana? Kalau berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa pastinya akan ikut bangkrut.

About Dimas Mardjono
I always treat myself as a student, and I always keep on learning through my ups and downs. This blog talks about brand, branding, social issues, what’s going on in the world, way of thinking, etc. With this blog, I hope I could provide benefit to readers, so share my article to your friends. Life isn’t about finding yourself, Life is about creating yourself.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: