9 Pertanyaan Dalam Membangun Sebuah Brand: Bagaimana Saya Harus Memulai?


20120108-215031.jpgDalam artikel saya sebelumnya, sempat membahas mengenai pentingnya sebuah brand untuk usaha kecil dalam artikle berjudul “Tips dalam membangun sebuah brand bagi usaha kecil

Bagi setiap pengusaha ataupun usaha pastinya brand adalah unsur yang sangat penting. Walaupun, sebagai pemula, kita bukanlah Cocal-Cola, Toyota, Starbucks, dan masih banyak brand besar dan kuat lainnya, usaha apapun perlu memiliki brand yang kuat. Brand yang kuat dapat memberikan nilai lebih bagi pemilik usaha dan harapannya sebagai pilihan utama bagi target audiens Anda. Seperti sebuah analogi dari artikel saya sebelumnya, mengapa harga Toyota Avanza lebih mahal dari pada Daihatsu Xenia, walaupun jika kita kilokan, nilai uang pergramnya akan sama sama saja.

Sangatlah penting bagi kita untuk dapat memberi definisi mengenai perusahaan, produk, atau jasa yang kita miliki. Berikut adalah langkah pertama dalam proses untuk pengembangan strategi brand Anda. Dengan mendefinisikan merek Anda, Anda menciptakan dasar untuk semua komponen lain dalam membangun sebuah brand. Definisi brand Anda akan berfungsi sebagai alat pengukur dalam mengevaluasi setiap dan semua bahan dan strategi pemasaran. Anda akan memulai proses ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

Berikut ini adalah caranya:

  1. Apakah produk dan/atau jasa yang Anda tawarkan? Tentukan dan definisikan kualitas layanan ini dan/atau produk.
  2. Apakah nilai-nilai inti dari produk dan jasa Anda? Apakah nilai-nilai inti perusahaan Anda?
  3. Apakah misi dari perusahaan Anda?
  4. Apakah pengkhususan/ spesialisasi dalam perusahaan Anda?
  5. Siapakah target pasar Anda? Produk dan jasa apa yang dapat menarik target pasar Anda?
  6. Apakah slogan/ tagline perusahaan Anda? Apakah pesan dari slogan/ tagline yang ingin Anda sampaikan bagi prospek Anda?
  7. Dengan menggunakan informasi dari langkah-langkah yang sebelumnya ciptakan kepribadian atau karakter untuk perusahaan Anda yang mewakili produk atau jasa Anda. Apakah karakter yang cocok? Kualitas apa yang dapat menonjol? Apakah kepribadian perusahaan Anda inovatif, kreatif, energetik, atau canggih?
  8. Dengan menggunakan kepribadian yang Anda buat pada langkah sebelumnya dan membangun hubungan dengan target pasar yang Anda tetapkan dalam langkah 5. Bagaimana reaksi kepribadian terhadap target audiens? Karakteristik apa yang menonjol? Karakteristik dan kualitas apa yang mendapatkan perhatian oleh prospek Anda?
  9. Dalam meninjau jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas dan membuat profil pada brand Anda. Buatlah gambaran kepribadian atau karakter dengan kata-kata, seolah-olah Anda sedang menulis biografi atau iklan pribadi. Lakukanlah secara kreatif mungkin.

Tips:
Fokuslah terhadap target audiens ketika menjawab pertanyan pertanyan tersebut

Kumpulkan setiap jawaban dalam sebuah jurnal atau catatan yang dikhususkan bagi brand untuk perusahaan Anda.

Jawablah secara jujur dan jawab secara detail dan menyeluruh.

About Dimas Mardjono
I always treat myself as a student, and I always keep on learning through my ups and downs. This blog talks about brand, branding, social issues, what’s going on in the world, way of thinking, etc. With this blog, I hope I could provide benefit to readers, so share my article to your friends. Life isn’t about finding yourself, Life is about creating yourself.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: