Kesimpangsiuran Dalam Mengartikan Brand, Branding, dan Marketing


Banyak sekali kesimpangsiuran dalam mengartikan Brand, Branding, dan Marketing. Mudah mudahan definisi dari perbedaan ini dapat saya jelaskan sehingga dapat mudah dipahami.

Brand?

  • American Marketing Association (AMA): Sebuah nama, istilah, tanda, symbol, atau design, atau kombinasi dari kelima tersebut, dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok
  • Janji yang menciptakan preferensi
  • Aset yang menambah nilai keuangan
  • Merekat pada pikiran dan hati para pelanggan. Ini adalah hasil dari pengalaman total (total experience) pelanggan yang terbangun selama bertahun-tahun (Chartered Institute of Management, 2003)

Branding?

Dalam branding terdapat 4 faktor yang perlu dimilik yaitu:

  1. Kepribadian (Personality) : Apakah itu Fun, Serious, Smart, dll
  2. Posisi (Positioning): Dimana posisi brand Anda terhadap para kompetitor Anda, dan apakah arti brand Anda di pasar (market) dan target konsumen Anda
  3. Janji (Promise): Adalah janji yang Anda (brand) berikan kepada konsumen Anda
  4. Kongruensi (Congruency): Ini adalah keselarasan yang Anda jaga sesuai dengan kepribadian, Posisi, dan Janji Anda yang harus dilakukan secara konsisten

Menurut saya, artian dari branding itu sendiri adalah: sebuah janji (promise) yang terbungkus dalam sebuah pengalaman (experience) dalam melakukan usaha dengan dan terhadap Anda – secara total dan pastinya terdiri dari empat factor diatas.

Marketing?

Saya bukan ahli marketing, dan mungkin teman-teman pembaca jauh lebih profesional untuk mengerti mengenai Marketing. Namun, sesuai persepektif saya, saya akan memberikan kesimpulan sesuai versi saya sendiri.

Setiap usaha menginginkan 5 “Hal Besar” yang perlu dimiliki dengan urutan semacam ini:

  1. Pertumbuhan: Setiap usaha harus berkembang, dari uang dan asset yang dimiliki oleh perusahaan
  2. Keuntungan: Dimana-mana usaha harus mendapatkan keuntungan bersih
  3. Aliran Uang (Cashflow): Kita harus dengan pintar mengatur arus kas keuangan dengan cara mempertahankan arus uang keluar dan masuk dengan benar. Tujuannya jangan sampai arus keluar lebih besar dari pada arus masuk. Saya rasa ini matematika biasa.
  4. Meningkatkan Nilai Aset: Dari poin 1 s.d. 3 diatas, kita harus dengan cerdik meningkatkan nilai aset. Seperti: Brand, memiliki kantor, ruko, dan aset lainnya yang nilainya meningkat dimasa akan dateng. dll
  5. Melindungi dan Menjual: Yang pasti usaha yang baik harus dilindungi sehingga akan sulit untuk diklaim oleh orang lain. Bagaimana dengan Menjual. Banyak orang berkata “usaha saya bagus sekali, buat apa saya jual.” Memang benar, namun kita harus mengetahui nilai perusahaan jika ingin dijual. Dari sini dapat terlihat apakan perusahaan Anda baik atau tidak. Apakah ada perkembangan nilai jual dari tahun ketahun. Contohnya detik.com yang terjual dengan nilai Rp 500M

Nah ke 5 “Hal Besar” ini akan membuahkan HASIL. Dalam ilustrasi di bawah bahwa jika kita mulai dari titik A dan sasarannya adalah titik B. Maka perjalanan dari titik A ke B adalah Marketing. Objektifnya adalah memperbanyak jumlah klien/ customer sehingga akan memperbanyak jumlah nilai uang yang akan didapatakan. (lihat ilustrasi di bawah)

Dalam ilmu marketing kita juga harus mempertimbangkan 8P, sehingga marketing pun akan menghasilkan yang relevan terhadap konsumen. 8P:

  1. Product
  2. Place and Time
  3. Price
  4. Promotion
  5. Process
  6. Physical Environment
  7. People
  8. Productivity dan Quality

Ya ini 101-nya Marketing punya ilmu. Hehehehe. Yang jagonya Marketing pasti hafal diluar kepala😀

Jadi definisi Marketing versi saya adalah: Kegiatan berorientasi pada tujuan dengan sasarannya untuk mencapai hasil yang diinginkan.

About Dimas Mardjono
I always treat myself as a student, and I always keep on learning through my ups and downs. This blog talks about brand, branding, social issues, what’s going on in the world, way of thinking, etc. With this blog, I hope I could provide benefit to readers, so share my article to your friends. Life isn’t about finding yourself, Life is about creating yourself.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: