Bagaimana Memperoleh Brand Energy Eksternal


Image source: Blue Spruce (http://bioweb.uwlax.edu/bio203/s2009/hanford_kyle/Nutrition.htm)

Saya telah membahas dalam artikel saya sebelumnya mengenai Brand Energy. Brand Energy sangat penting untuk diciptakan sehingga brand Anda akan selalu berada di benak para konsumen Anda. Dalam hal ini Brand Energy yang dimaksud dari artikel saya sebelumnya adalah dengan melalaui cara:  Menarik, Melibatakan, Inovatif, dan Passionate. [Pentingnya Brand Energy Bagi Usaha Anda – Side-Walk Restaurant – Steak & Grill (Studi Kasus)]

Tentunya untuk mendapatkan Brand Energy tersebut memiliki beberapa ritangan, dan dibutuhkan dana yang lumayan. Wah bagaimana nasib sebuah usaha jika ternyata energy ini penuh rintangan, sulit dan butuh uang ekstra pula? Yang namanya usaha pasti ada rintangannya, namun rintangan tersebut dapat dilampaui dan mudah-mudahan tulisan saya ini dapat sedikit membantu untuk melampui sebagian rintangan tersebut.

Untungnya ada yang disebut co-brand atau aliansi brand, yaitu kerjasama antra dua brand yang memiliki tujuan sama (mutual benefit) namun pastinya di category yang berbeda. Jangan salah tangkap cobranding yang dimaksud bukan antara Coca-Cola dengan Pepsi. Yang saya maksud adalah keduanya memiliki target segmen yang sama namun memiliki category yang berbeda. Contohnya cobrand antara GE-Finance dengan Carrefour dimana GE memberikan kredit lebih mudah dan bagi Carrefour pelanggan mereka dapat sering berbelanja dan tidak melakukan belanja di toko lain.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan endorser. Contohnya selebriti atau public figure yang meng-endorse brand tertentu. Kadang mereka dengan tulus mau membantu dengan freeofcharge, tapi lebih sering minta dibayar. Coba tips ini…sekali-sekali beri secara gratis sebuah produk dari brand Anda kepada seseorang selebriti dan meminta selebriti tersebut untuk foto sambill memakainya dan kemudian memuatnya di social media, yang pasti menyebutkan hal positif dan menyertakan data mengenai brand Anda. Oh iya yang pasti selebriti tersebut memiliki follower yang banyak. Cobain deh….hehehe, yang pasti minta permisi dulu, jelaskan dan jangan memaksa. Pilihlah kata-kata supaya tidak berkesan Twit Jualan.

Berikut adalah pedoman yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan bahwa energizer brand eksternal tersebut pada kenyataannya memberikan energy, dan energy tetap menjadi tujuan utama manajemen dari aliansi brand. Yakin bahwa brand pemberi energy sesuai perannya.
  • Memahami dan mengelola peran branded energizer. Bagaimana sebenarnya hal itu akan digunakan untuk memenuhi tujuannya?
  • Hubungan aliansi merek harus dimasukkan ke dalam dan dikelola sebagai pernikahan jangka panjang, bukan sebagai perselingkuhan.
  • Temukan cara untuk mengasosiasikan merek target dengan pemberi energy. Kuncinya adalah hubungan jangka panjang dan berikut set-set programnya sehingga melampaui sekedar pengulangan.
  • Pertimbangkan si pemberi energy eksternal brand adalah sebagai bagian dari portofolio brand, dan mengelola hubungannya dengan brand lain dalam portofolio. Sekali lagi, itu bukan lagi sponsor atau promosi, itu adalah brand yang merupakan anggota dari portofolio brand perusahaan.

Demikian lanjutan artikel saya yang berhubungan dengan Brand Energy, dimana Anda bisa ciptakan sendiri Brand Energy dari artikel saya sebelumnya, maupun dalam artikel ini adalah cara memperoleh Brand Energy secara eksternal. Mudah-mudahan bermanfaat.

About Dimas Mardjono
I always treat myself as a student, and I always keep on learning through my ups and downs. This blog talks about brand, branding, social issues, what’s going on in the world, way of thinking, etc. With this blog, I hope I could provide benefit to readers, so share my article to your friends. Life isn’t about finding yourself, Life is about creating yourself.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: